SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI DINAS PETERNAKAN ACEH "JADIKAN POTENSI PETERNAKAN SALAH SATU ANDALAN KITA" PUSAT LAYANAN RABIES (RABIES CENTER) HUB : 085260333032 / 085262344477 / 085260343520

Pertemuan Evaluasi Kegiatan UPPO (Unit Pengolahan Pupuk Organik) Tahun 2014-2015

Kategori : Berita Aktual
Selasa, 18 Oktober 2016 - Oleh admin

 

Dalam tahun anggaran 2016 Dinas Kesehatan Ternak Prov. Aceh mendapat alokasi dana dari Direktorat Jendral Prasarana dan Sarana Pertanian untuk kegiatan Pertemuan Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan UPPO Tahun 2014-2015 melalui dana Dekosentrasi yang diikuti oleh 10 Kabupaten yang mendapatkan kegiatan UPPO tahun 2014-2015 dari Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian. Tujuan evaluasi ini adalah untuk melakukan pengamatan terhadap pelaksanaan kegiatan sehingga perkembangan dilapangan secara berkala dan berkesinambungan dapat terdeteksi.

Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh 10 Kabupaten/Kota yang mendapat alokasi dana bantuan UPPO melalui  Satker Pusat Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Tahun anggaran 2014-2015 yaitu di Kab. Aceh Besar, Kab. Pidie Jaya, Kab. Aceh Tamiang, Kab. Bener Meriah, Kab. Aceh Jaya, Kab. Aceh Selatan dan Kab. Aceh Singkil yang akan dihadiri oleh pelaksana kegiatan UPPO sebanyak 2 orang dari masing-masing Kab/Kota.

Evaluasi yang dilaksanakan selama 3 hari ini berlangsung dari tanggal 18-20 Oktober 2016 bertempat di Hotel Grand Arabia dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Hewan dan Peternakan Prov. Aceh, Dr. drh. Raihanah, M. Si yang juga menyampaikan materi tentang  Kebijakan Pembangunan Peternakan di Provinsi Aceh . Selanjutnya materi disampaikan oleh narasumber pusat yaitu Ir. A. Raihan Yomni yang menyampaikan materi Pelaksanaan dan Pengembangan Kegiatan UPPO  untuk Pertanian.

Kadis Dinas Kesehatan Hewan dan Peternakan membuka acara dan menyampaikan materi evaluasi

 

Narasumber Pusat Ir. A. Raihan Yomni

Hari terakhir kegiatan evaluasi ditutup oleh pemaparan setiap Kab/Kota. Manfaat dari kegiatan UPPO adalah tersedianya pupuk organik yang berarti berkurangnya penggunaan pupuk an-organik, berkurangnya biaya produksi, meningkatkan kesuburan lahan, meningkatnya kualitas dan kuantitas produksi serta meningkatkan pemberdayaaan kelompok. Indikator keberhasilan UPPO adalah diharapkan adanya peningkatan populasi sapi, tercatatnya produksi pupuk dan meningkatnya kesejahteraan kelompok. Evaluasi ini diharapkan dapat terawasinya pelaksanaan kegiatan, meningkatnya kinerja pelaksana kegiatan, terampilnya pelaksana kegiatan dan terevaluasinya pelaksanan kegiatan.

Pemaparan evaluasi dari setiap Kabupaten/Kota